Bacaan Doa Untuk Mendapatkan Rezeki Yang Halal Hingga Mohon Kemudahan Mata Pencaharian

Berikut ini bacaan doa pembuka rezeki dari setiap penjuru, doa ntuk mendapatkan rezeki yang halal, dan doa untuk memudahkan mata pencaharian.

Dalam Islam, doa menjadi suatu hal yang penting karena menjadi salah satu penentu hasil usaha kita, termasuk dalam mencari rezeki.

Sebaik-baiknya usaha adalah yang diiringi doa dan niat yang baik.

Dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa hendaklah kita berdo’a kepada Allah swt. dengan keyakinan bahwa do’a tersebut pasti akan dikabulkan-Nya.

Seperti hadis berikut ini : “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Aku akan mengikuti
prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepadaKu”.

Keyakinan inilah yang akan membuahkan hasil yaitu terkabulnya sebuah permintaan (do’a).

Meski begitu, untuk mencapai hasil yang diinginkan, seorang tidak serta merta hanya berdoa saja.

Setiap doa juga harus diiringi dengan usaha serta tawakal, yakni berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menunggu hasil usaha yang telah dilakukan.

Ada banyak contoh doa yang disebutkan dalam quran maupun sesuai hadist dari Rasulullah SAW.

Baca juga :  Bacaan Doa Qunut Serta Niat Shalat Subuh Dalam Tulisan Latin Dan Artinya

Termasuk juga dalam hal yang mana kebanyakan manusia menginginkannya, yakni kemudahan dalam mencari rizki.

Kementerian Agama dalam bukunya ‘Doa Sehari-hari’, telah menyusun kumpulan doa yang berkaitan dengan rizki.

Berikut doa tersebut, mulai dari doa pembuka rizki, doa untuk mendapatkan rizki yang halal hingga doa untuk memudahkan mata pencaharian.

1. Doa Pembuka Rezeki dari Setiap penjuru

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ، بَابَاسِطَ الَّذِيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ اُبْسُطْ عَلَيَّ رِزْقًا كَثِيْرًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ رِزْقِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

ALLOOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN ‘ADADA ANWAA’IR RIZQI WAL FUTUUHAATI YAA BAASUTHOLLADZI YABSUTHUR RIZQO LIMAN YASYAA-U BI GHOIRIHISAABIN UBSUTH ‘ALAYYA RIZQON KATSIIRON MIN KULLI JIHATIN MIN KHOZAAINI RIZQIKA BI GHOIRI MINNATI MAKHLUUQIN BI FADHLIKA WA KAROMIKA WA ‘ALAA AALIHI WA SHOHBIHII WA SALLAMA

Baca juga :  Lafadz Niat Dan Tata Cara Sholat Dhuha, Lengkap Dengan Doa Setelahnya

Artinya :

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebanyak aneka rupa rezeki. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizki kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rezekiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizki-Mu tanpa pemdiberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau”.

2. Doa untuk Mendapatkan Rezeki yang Halal

ﺍَﻟﻠَﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﻏَﻨِﻲُ ﻳَﺎ ﺣَﻤِﻴﺪُ ﻳَﺎ ﻣُﺒْﺪِﺉُ ﻳَﺎ ﻣُﻌِﻴﺪُ ﻳَﺎ ﺭَﺣِﻴْﻢُ ﻳَﺎﻭَﺩُﻭْﺩُ ﺃَﻏْﻨِﻨِﻲ ِ ﺑﺤَﻼَﻟِﻚَ ﻋَﻦْ ﺣَﺮَﺍﻣِﻚَ ﻭَﺑِﻄَﺎﻋَﺘِﻚَ ﻋَﻦْ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺘِﻚَ ﻭَﺑِﻔَﻀْﻠِﻚَ ﻋَﻤَّﻦْ ﺳِﻮَﺍﻙ

ALLAHUMMA YAA GHANIYYU YA HAMIIDU YA MUBDI’U YAA MU’IIDU YA RAHIIMU, YA WADUUDUAGHNINII BI HALAALIKA’AN HARAAMIKA WAKFINII BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAKA WA SHALLALLAHU ‘ALAA MUHAMMADIN WA AALIHI WA SALLAMA.

Artinya:

“Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat Yang Mengembalikan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. keluarga dan sahabat beliau.”

Baca juga :  Shalat Malam Lailatul Qadar: Niat, Tata Cara, Waktu Yang Tepat Dan Doa

3. Doa Untuk Memudahkan Mata Pencaharian

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِي. اَللهُمَّ رَضِّنِى بِقَضَائِكَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ عَلَيْهِ حَتَّى لاَاُحِبُّ تَعْجِيْلَ مَااَخَّرْتَ وَلاَتَأْخِيْرَ مَاعَجَّلْتَ

BISMILLAHI ‘ALAA NAFSI WA MAALII WA DIINI. ALLOOHUMMA RODHDHINI BI QODHOOIKA WA BAARIK LII FI MAAQUDDIRO’ ALAIHI HATTA LAA UHIBBU TA’JIILA MAA AKHKHOR TA WALAA TA’KHIIRO MAA ‘AJJALTA.

“Dengan nama Alloh, semoga Engkau menjaga diri kami, harta kami, agama kami. Wahai Alloh ridhoilah kami dari ketetapanMu dan berilah Berkah kepada Kami pada segala apa yang telah engkau putuskan sehingga kami tidak suka apa yang Engkau mempercepat apa yang Engkau akhirkan dan tidak pulamenyukai mengakhirkan apa yang Engkau cepatkan.”

(/Tio)

Bacaan Doa Lainnya