Bacaan QS Al Maidah Ayat 90, Terjemahan Dan Tafsir: Perintah Menjauhi Miras Hingga Judi

Berikut bacaan Surat Al Maidah ayat 90 beserta arti terjemahan dan tafsirnya.

Surat Al Maidah adalah surat ke-5 dalam Al Quran yang berarti hidangan.

Surat Al Maidah terdiri dari 120 ayat.

Surat Al Maidah ayat 90 berisi perintah Allah SWT untuk menjauhi minuman keras alias miras atau khamr, berjudi, berkurban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah.

Berikut bacaan QS Al Maidah ayat 90 beserta terjemahan dan tafsir, dikutip dari kemenag.go.id:

Baca juga :  Doa Dan Amalan Sunnah Di Malam Nisfu Syaban, Malam Penuh Syafaat Dan Penutup Amal 1 Tahun

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ٩٠

Yā ayyuhal-lażīna āmanū innamal-khamru wal-maisiru wal-anṣābu wal-azlāmu rijsum min ‘amalisy-syaiṭāni fajtanibūhu la‘allakum tufliḥūn(a).

Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji (dan) termasuk perbuatan setan. Maka, jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

>> Lanjutkan membaca Surat Al Maidah <<

Baca juga :  Jam Berapa Salat Tahajud Dilaksanakan? Ini Bacaan Niat Dan Tata Caranya

Tafsir QS Al Maidah Ayat 90

Dikutip dari tafsir Wajiz quran.kemenag.go.id, melalui ayat ini, Allah memerintahkan kaum mukmin untuk menjauhi perbuatan setan.

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah, kitab-Nya, dan Rasul-Nya! Sesungguhnya minuman keras, apa pun jenisnya, sedikit atau banyak, memabukkan atau tidak memabukkan; berjudi, bagaimana pun bentuknya; berkurban untuk berhala, termasuk sesajen, sedekah laut, dan berbagai persembahan lainnya kepada makhluk halus; dan mengundi nasib dengan anak panah atau dengan cara apa saja sesuai dengan budya setempat, adalah perbuatan keji karena bertentangan dengan akal sehat dan nurani serta berdampak buruk bagi kehidupan pribadi dan sosial; dan termasuk perbuatan setan yang diharamkan Allah.

Baca juga :  Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 Dalam Tulisan Arab Dan Latin

Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu dalam kehidupan pribadi dan kehidupan sosial dengan peraturan yang tegas dan hukuman yang berat agar kamu beruntung dan sejahtera lahir batin dalam kehidupan dunia dan terhindar dari azab Allah di akhirat.

(Tribunnews.com)