Bacaan Surat An Nur Ayat 2, Terjemahan, Dan Tafsir: Hukuman Bagi Pezina Laki-laki Dan Perempuan

Berikut bacaan surat An Nur ayat 2 beserta arti terjemahan dan tafsirnya.

Surat An Nur adalah surat ke-24 dalam Al Quran, yang berarti cahaya.

Surat An Nur terdiri dari 64 ayat.

Surat An Nur ayat 2 berisi tentang hukuman bagi pelaku zina baik perempuan maupun laki-laki.

Bacaan, terjemahan, dan tafsir Surat An Nur Ayat 2, dikutip dari quran.kemenag.go.id :

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖوَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ٢

Baca juga :  Surat 'Abasa Ayat 1-42, Bacaan Arab Dan Latin, Serta Terjemahan Bahasa Indonesia

Az-zāniyatu waz-zānī fajlidū kulla wāḥidim minhumā mi’ata jaldah(tan), wa lā ta’khużkum bihimā ra’fatun fī dīnillāhi in kuntum tu’minūna billāhi wal-yaumil-ākhir(i), walyasyhad ‘ażābahumā ṭā’ifatum minal-mu’minīn(a).

“Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (melaksanakan) agama (hukum) Allah jika kamu beriman kepada Allah dan hari Kemudian. Hendaklah (pelaksanaan) hukuman atas mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang mukmin.” (QS. An Nur:2).

Baca juga :  Niat Puasa Syawal Dalam Tulisan Arab, Latin Dan Terjemahan, Lengkap Dengan Manfaatnya

>> Lanjutkan membaca Surat An Nur

Tafsir QS An Nur ayat 2

Menurut tafsir Wajiz quran.kemenag.go.id, QS An Nur ayat 2 mengandung ketentuan hukum yang pasti, salah satunya hukum perzinaan.

Kepada pezina perempuan yang belum pernah menikah dan demikian pula pezina laki-laki yang belum pernah menikah, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali jika perziaan keduanya terbukti sesuai dengan syarat-syaratnya.

Baca juga :  ASMAUL HUSNA Dan Artinya, Berikut 99 Nama Dan Sifat Allah Yang Baik Lengkap Dengan Arab Dan Latinnya

Dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk menjalankan agama dan hukum Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Salah satu konsekuensi iman adalah melaksanakan hukum Allah.

Dan hendaklah pelaksanaan hukuman mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang yang beriman, sedikitnya tiga atau empat orang, agar hukuman itu menjadi pelajaran bagi pihak-pihak yang melihat dan mendengarnya.

(Tribunnews.com)