Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 15 Kegiatan 1.6: Bagian-bagian Berita

Berikut ini kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 15.

Pada buku Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 15 Kegiatan 1.6 terdapat tugas yang berkaitan dengan bagian-bagian berita seperti kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita.

Sebelum melihat kunci jawaban, ada baiknya siswa mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orang tua.

Jika sudah, orangtua bisa mencocokkan jawaban yang ditulis anak dengan jawaban di bawah ini.

Simak inilah kunci jawaban soal Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs pada Halaman 15:

Kegiatan 1.6

1. Perhatikan kembali tentang berita yang telah kamu baca!

2. Temukanlah bagian kepala, tubuh, dan ekor berita secara berkelompok!

3. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk laporan seperti berikut!

Baca juga :  Contoh Soal PAT/UAS Tema 6 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD

Jawaban:

Contoh Berita Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

Baca juga :  Jawaban Teka-teki MPLS: Buah Upacara, Buah Bulan Sabit, Nasi Orang Meninggal, Hingga Teh Gunung

Struktur Berita:

1. Kepala Berita Paragraf ke – 1 Paparan isi: Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

2. Tubuh Berita Paragraf ke – 2 Paparan isi: Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Baca juga :  Peluang Karir Jurusan Hukum, Pilihan Yang Paling Diminati UTBK SBMPTN

3. Ekor Berita Paragraf ke – 3 Paparan isi: Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Latifah)