KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 3 4 5 7 8 10 11 12 13 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1

Simak soal dan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, dan 13 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 1.

Buku Tematik Tema 9 untuk kelas 6 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Bumiku.

Subtema 1 dalam Buku Tematik Tema 8 Kelas 6 SD adalah Keteraturan yang Menakjubkan.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 2 – 4

Perhatikan kedua gambar berikut ini dengan saksama! Apakah yang dapat kamu katakan tentang kedua gambar tersebut? Apakah yang membedakan keduanya? Benda langit apa sajakah yang kamu lihat? Apakah kamu pernah melihatnya secara langsung? Tuliskan beberapa pertanyaan yang terlintas di dalam pikiranmu tentang kedua gambar tersebut. Lalu diskusikanlah dengan teman sebangkumu.

Jawaban:

1. Apa perbedaan siang dan malam?

2. Apa yang menyebabkan terjadinya siang dan malam?

3. Bagaimanakah planet-planet itu bekerja sehingga tidak berbenturan satu dengan yang lain?

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan tentang nama benda-benda langit tersebut. Tuliskan juga semua fakta menarik yang kamu ketahui tentang benda-benda langit tersebut. Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan sumber lain. Seperti buku pengetahuan, surat kabar, majalah, atau sumber informasi elektronik lainnya.

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan hasil diskusi dengan teman.

Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya. Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian. Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi.

Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

Jawaban:

Perubahan musim

Perbedaan lama waktu siang dan malam

Rasi bintang terlihat berbeda setiap bulan

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 85 87 88 89 90, Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Kain Adat?

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 5 – 7

Ayo Mencoba

Bermain Peran

Sistem tata surya bergerak melibatkan delapan planet dan Matahari sebagai pusatnya. Hal ini pasti menarik untuk diamati. Kamu dan teman sekelompokmu akan bermain peran. Permainan ini untuk menunjukkan pergerakan planet-planet dan Matahari di dalam sistem tata surya kita. Perhatikanlah bahwa setiap planet dalam tata surya akan melakukan rotasi dan revolusi terhadap Matahari secara bersamaan.

Alat dan Bahan:

Kertas karton, spidol

Langkah Kegiatan:

1. Perhatikanlah dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang terdapat dalam tata surya secara berurutan! Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Urutan dari Matahari

2. Buatlah kelompok yang terdiri atas sembilan orang. Satu orang akan berperan sebagai Matahari. Lainnya akan berperan sebagai delapan planet yang ada dalam sistem tata surya kita.

3. Potong kertas karton sesuai kebutuhan. Kemudian, tuliskan nama-nama planet dan Matahari dengan menggunakan spidol. Pasang tali pada kedua ujung karton lalu kalungkan pada leher setiap anggota kelompok. Setiap anggota kelompok diperbolehkan untuk berdandan sesuai dengan karakter planet yang diwakili berdasarkan imajinasi.

4. Lakukan diskusi dengan anggota kelompok untuk menentukan peran setiap anggota. Setiap anggota kelompok mempelajari kerakteristik setiap planet yang telah diketahui sehubungan gerakan rotasi dan revolusinya.

5. Kamu telah berlatih peran dan mengetahui orbit planet dan revolusinya terhadap Matahari. Sekarang, peragakanlah peristiwa rotasi dan revolusi planet-planet dalam tata surya terhadap Matahari.

6. Buatlah sebuah laporan pengamatan dari kegiatan di atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:

Jawaban:

Disesuaikan dengan hasil diskusi kelompok.

7. Urutkan planet-planet tersebut berdasarkan ukurannya dari yang terkecil hingga yang terbesar berdasarkan gambar yang tersedia di halaman sebelumnya.

Jawaban:

Urutan planet dari terkecil hingga terbesar.

Merkurius

Mars

Venus

Bumi

Neptunus

Uranus

Saturnus

Jupiter

8. Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

a. Apakah nama planet yang terletak paling dekat dengan Matahari?

Jawaban:

Merkurius.

b. Apakah nama planet yang terletak paling jauh dari Matahari?

Jawaban:

Neptunus.

c. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?

Jawaban:

Merkurius.

d. Apakah nama planet yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?

Jawaban:

Jupiter.

e. Apakah nama planet yang mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?

Jawaban:

Merkurius. Karena letak Merkurius paling dekat dengan Matahari sehingga waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Matahari paling cepat.

f. Apakah nama planet yang memiliki mengalami revolusi paling lama?

Mengapa?

Jawaban:

Neptunus. Karena letak Neptunus paling jauh dari Matahari sehingga jarak yang ditempuh untuk satu kali mengelilingi Matahari sangat lama.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 7 – 8

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya Berdasaran kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang telah disediakan di bawah ini.

Jawaban:

Apa yang dimaksud dengan tata surya?

Baca juga :  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 9 10 11 16 Subtema 1 Pembelajaran 2

Apa saja nama-nama planet yang tergabung dalam sistem tata surya?

Apa yang dimaksud dengan galaksi?

Kumpulkankan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat oleh setiap anggota kelompokmu. Diskusikan daftar pertanyaan kelompokmu dengan menggunakan berbagai sumber informasi sebagai rujukannya. Catatlah hasil diskusi kelompokmu dan tandailah pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa dijawab. Serahkan pertanyaan yang belum terjawab tersebut kepada gurumu untuk dijadikan bahan diskusi kelas.

Tempelkan hasil diskusi kelompokmu di dinding kelas bersama dengan hasil kelompok lainnya. Amati hasil diskusi kelompok lain. Adakah pertanyaan yang sama dengan kelompokmu? Apakah hasil diskusi kelompok lain sama dengan hasil diskusi kelompokmu?

Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya. Lalu tuliskan juga beberapa pertanyaan yang masih kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.

Fakta Menarik:

Jawaban disesuaikan dengan hasil diskusi kelompok.

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan hasil diskusi kelompok.

Kosakata Baru:

Jawaban disesuaikan dengan hasil diskusi kelompok.

Ayo Mengamati

Tahukah kamu?

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karangan fiksi. Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Tokoh, watak, alur, dan latar belakang di dalam karangan ini merupakan hasil olah pikir dan kreativitas pengarangnya. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel dan cerita pendek. Di dalam sebuah karangan fiksi, terdapat tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama merupakan tokoh yang banyak diceritakan di dalam sebuah karangan. Sedangkan tokoh tambahan merupakan tokoh yang mendukung tokoh utama.

Ayo Membaca

Bacalah sebuah karangan fiksi berikut ini dengan saksama.

Barisan yang Menyenangkan

Oleh Amanda Naila

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.

Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”

Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.”

Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”

Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

Baca juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 173 Soal Uraian Bab 9: Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 10 – 13

Lengkapi diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.

Judul Cerita Fiksi: Barisan yang Menyenangkan

Penulis: Ananda Naila

Sifat dari Tokoh Utama : Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu bersyukur

Tindakan yang dilakukan : Memikirkan bagaimana bumi dan planet tidak saling bertabrakan

Pendapatmu tentang Tokoh Utama : Tiara selalu bersyukur atas kebesaran Tuhan dan rasa ingin tahunya sangat tinggi terhadap apa tidak diketahui.

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.

1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?

Jawaban:

Cerita tersebut menceritakan tentang rasa ingin tahu yang dimiliki Tiara.

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?

Jawaban:

Tiara.

3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?

Jawaban:

Ayah dan Ibu.

4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?

Jawaban:

Terjadi di halaman belakang rumah Tiara.

5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang telah kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.

1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan renungan siswa.

2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan renungan siswa.

3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan renungan siswa.

4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan renungan siswa.

Ayo Renungkan

Setelah mengetahui tentang Bumi dan angkasa luar, bagaimana kamu bersikap terhadap Tuhan Yang Maha Esa? Bagaimana keteraturan memengaruhi cara kerja semesta?

Kita harus selalu bersyukur atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Segala keteraturan yang ada di alam semesta ini memberikan keseimbangan, pola atau bentuk keteraturan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ketika senja tiba, amatilah langit, bersama orang tuamu. Lanjutkan hingga malam hari. Gambarkan dan tuliskan benda-benda yang dapat kamu lihat di langit.

Saat senja tampak matahari tenggelam di ufuk barat, saat malam hari tampak bulan dan ribuan bintang yang bertaburan di angkasa.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

(/Nadya)